Percaya atau tidak…

Berbicara tentang iman kita sudah banyak yang tahu dan paham. Cukup terketuk juga pikiran ini ketika beberapa kali mengikuti ta’lim jika membahas pemasalaha ini. Ketika kita sudah mengucapkan syahadat berarti kita sudah yakin bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. Kita sudah menyerahkan segalanya kepada Allah. Karena hidup, mati, rejeki, jodoh Allah telah menentukan sejak dahulu.

Klo sudah menyerahkan segalanya pada Allah artinya tidak ada pertanyaan lagi dan tidak ada yang perlu diragukan pada Allah. Tapi disinilah salah satu ujian tentang keimanan kita. Banyak orang yang mengaku beriman tapi ternyata perilaku sehari-hari masih bermasalah. Banyak orang yang masih bingung jodoh dan mencari jalan pintas dengan pacaran, berarti masih belum percaya kepada Allah bahwa Allah telah menentukan-Nya. Saya tertarik dengan sebuah cerita ustad yang mengisi pengajian walimah di Nganjuk beberapa waktu yang lalu. Ada seseorang yang kaya raya tetapi masih gelisah dengan kondisi itu. Hal itu membuktikan bahwa kekayaan harta tidak dapat menenangkan hati seseorang. Jika hati tidak ada titik keimanan maka hidup itu akan dipenuhi dengan kegelisahan. Terkait harta juga sama, banyak orang yang bingung jika tidak memiliki kekayaan dunia. Ketika kita jujur maka orang yang kaya belum tentu bahagia, tapi orang yang bahagia itu tidak harus miskin.

Teman seperjuangan banyak yang menyampaikan ingin segera lulus dan mencari kerja yang akhirnya mengorbankan dakwahnya. Seharusnya tidak seperti itu. Apalagi ada yang menyampaikan kalau ‘mencari rejeki yang haram saja susah, apalagi yang halal’. Memang mencari rejeki yang haram susah karena di dunia ini lebih mudah dan lebih banyak rejeki yang halal. Pada intinya ketika kita percaya pada Allah maka urusan kita hanya menjemput yang Allah janjikan dengan segala usaha kita tentunya dengan cara yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: