Biaya Pembuatan SIM

Ini gan biaya pembuatan SIM dan pepanjangan. Harganya cuman segitu, tapi emang antrinya juga sebegitu lama. Kecuali klo di SIM keliling itu lebih cepat, SIM keliling cuman melayani perpanjangan bukan pembuatan SIM baru. Terus, pastikan SIM belum mati saat pepanjangan karena bisa tes lagi seperti buat baru. Meski aneh (menurut saya) karena kita gak pernah dapat buku saku atau penjelasan tentang rambu dan undang-undang eh sama pak polisi diadakan tes tertulis, harus bilang WEW… gitu?. Harusnya para pencari SIM itu diberi buku saku tentang tertib berlalu lintas. Karena pak polisi tentunya bukan hanya mencari kesalahan dengan main-main tilang aja tapi ada dasarnya bahwa para pencari SIM telah dibekali dengan buku saku tertib lalulintas.

PENERBITAN SIM
A. Penerbitan SIM A
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000
B. Penerbitan SIM B
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000
C. Penerbitan SIM B II
1. Baru Per Penerbitan Rp 120.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 80.000
D. Penerbitan SIM C
1. Baru Per Penerbitan Rp 100.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 75.000
E. Penerbitan SIM D (khusus penyandang cacat)
1. Baru Per Penerbitan Rp 50.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 30.000
F. Pembuatan SIM Internasional
1. Baru Per Penerbitan Rp 250.000
2. Perpanjangan Per Penerbitan Rp 225.000
II Pelayanan ujian keterampilan mengemudi
melalui simulator
Per Ujian Rp 50.000
*Tarif Tersebut diatas belum termasuk
pembelian asuransi dan biaya kesehatan
BILA MITRA HUMAS MENDAPATI HAL-HAL
YANG TIDAK SESUAI TARIP DIATAS SILAHKAN
LAPORKAN PADA PROPAM ATAU PROVOST
POLDA SETEMPAT YANG DITEMPATKAN SEBAGAI
PENGAWAS DI SATPAS DAN ATAU SAMSAT.
Terima kasih semoga bermanfaat…..

About Cak Bas

Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya dapat dicapai dengan tarbiyah...

Posted on 8 Desember 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Semoga yang terjadi di lapangan benar-benar sesuai dengan tarif tersebut ya, Cak. Bila tidak, saat itu juga kita mesti bicara…

  2. Saya belum cukup umur untuk membuat SIM
    Nyimak aja deh mass🙂

  3. Aku kok larang banget ya nggawe SIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: