SIM gak Perlu Calo

Pembuatan SIM baru atau perpanjangan kali ini lebih nyaman menurut saya. Karena jumlah calo yang berada disekitar kantor lebih sedikit. Walaupun dari pengamatan saya masih ada yang melakukan. Rata-rata calo hanya membantu saja mengarahkan pencari SIM ke arah mana, tidak mempercepat dll. Tarif nya pun lebih murah dan standar karena tarifnya dipajang ditempat umum.

Tarif SIM

Tarif SIM

Dengan adanya tarif ini diharapkan para pencari SIM tidak terkecoh dengan tarif yang lain. Hanya saja ini belum termasuk tarif cek kesehatan yaitu sebesar 15.000. Misalkan kita memperpanjang SIM C maka uang yang harus dibayarkan 75.000 untuk biaya SIM yang dilakukan di loket pembayaran dan 15.000 di tempat cek kesehatan. Totalnya 90.000 untuk perpanjang SIM C. Untuk SIM baru sewaktu praktek TIDAK DIKENAKAN BIAYA.

Tempat Ujian Praktek

Tempat Ujian Praktek

Itu suasana tempat ujian praktek tempat saya. Untuk memperlancar sewaktu ujian maka kita bisa berlatih dahulu dihari yang lain. Insyaallah diperbolehkan sama pak polisi.

Antri

Antri

Menurut saya untuk segi pelayanan masih ada yang kurang. Para pencari SIM yang dapat antrian awal mulai dibukanya loket sekitar jam 8 baru foto jam 10 dan bisa meninggalkan tempat jam 11 siang. Berarti untuk sebuah SIM untuk yang berangkat pagi harus menunggu sekitar 2,5-3 jam. Seharusnya jeda foto, pembayaran, dan pengembalian formulir lebih di persingkat. Seperti waktu foto yang baru mulai jam 10, berarti ada jeda 2 jam untuk menunggu. Seharusnya pelayanan lebih cepat seperti di SIM keliling. Ujian praktek juga masih menjadi hal yang sulit agar mudah maka bisa latihan dulu. Tes tulis juga begitu, gak pernah belajar materinya, #eh dites, aneh-aneh saja. Klo UAN masih dapat materi trus ujian, lhah ini gak pernah dapat materi yang diujikan tau-tau dites. Saya masih ingat waktu di Polres saya yang Kota dan Kabupaten masih jadi satu, itu ada sebuah televisi yang diputar tentang tata tertib berlalu-lintas. Terkait prioritas pengendara, sopan-santun dijalan, cara berkendara aman, jenis pelanggaran, semua ditampilkan. Sehingga yang menunggu bisa sekalian belajar. Atau mungkin bisa disiasati dengan disediakan brosur agar setiap pencari SIM bisa sambil belajar tata tertib lalulintas. Semoga tidak ada calo-calo yang merugikan lagi.

#G18, 26 September 2012

06.57

About Cak Bas

Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya dapat dicapai dengan tarbiyah...

Posted on 26 September 2012, in Wisata and tagged . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. wah… Alhamdulillah, sekarang segala sesuatu lebih transparan.
    mudah-mudahan ini juga berlaku untuk daerah lain
    karena ngomong2 SIM C saya dah mati 1 tahunan.. hehe belum terurus sama sekali krn lupa dan klo ingat pura-pura lupa.. hehe🙂 (ada polisi yg ngeblog juga ga ya..???🙂 )

  2. terimakasih untuk infonya bang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: