Jejak Bung Karno di Blitar

Halaman

Bagian Tengah Perpus

Di Kota Blitar terdapat tempat wisata yang senantiasa dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Yaitu, Makam Bung Karno yang kita kenal sebagai presiden kita yang pertama. Presiden yang tercatat lahir 6 Juni 1901 dan wafat 21 Juni 1970 ini masih memiliki daya tarik bagi orang yang salut atas perjuangan beliau. Terlepas dari semua kontrofersi yang ada.

Wisata ini berada 3km di utara Kota Blitar. Jika kita menggunakan kendaraan umum memang agak sulit. Kalau naik Kereta Api turun di Stasiun KA Blitar kemudian naik becak untuk diantar mencari angkot yang ke arah makam. Klo dari terminal Blitar bisa langsung naik angkot yang ke arah makam.

Pintu Selatan

Pintu Selatan

Sejak lebih dari 4 tahun lalu wisata makam di lengkapi dengan Perpustakaan. Selain berisi buku-buku juga berisi foto dan lukisan tentang perjalanan panjang kehidupan Sang Proklamator. Perpustakaan ini bersifat umum dan berisi tentang sejarah (#bagi yang mau menambah referansi), siapapun yang mau baca boleh. Ruang yang nyaman akan membuat pengunjung betah untuk membaca. Ketika kita datang melalui pintu selatan kita akan disuguhkan bentuk bangunan yang megah. Selain itu akan disambut juga patung Bung Karno di bagian tengah (wah kok ada patungnya?). Secara umum tempat sekitar perpustakaan terlihat bersih tidak kumuh.

Rumah

Rumah

Tempat selanjutnya yang jarang dikunjungi adalah Kediaman Bung Karno yang berada di jalan Sultan Agung (Klo gak salah). Rumah ini berada 3km tenggara makam. Terlihat sepi memang karena jarang pengunjungnya. Selain itu kita hanya bisa melihat dari luar saja. Ya, semoga segera diperhatikan oleh dinas terkait masalah wisata ini.

Souvenir

Souvenir

Di setiap tempat wisata selalu ada yang tak pernah tertinggal. Yaitu pusat oleh-oleh. Pusat oleh-oleh ini berada di sebelah barat makam atau di bagian belakang makam (kita akan menemuinya saat melewati pintu keluar). Walaupun hampir tempat wisata itu memiliki kesamaan souvenir, disini yang paling di buru yaitu Kaos dari tempat wisata ini.  Adalagi yang sama, harus pintar menawar harga agar dapat murah.

28 Juli 2011

About Cak Bas

Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya dapat dicapai dengan tarbiyah...

Posted on 28 Juli 2011, in Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Foto di depan makamnya mana??

  2. Lukisan legendaris Bung Karno ndi Bas?

  3. Pada tahun 2000 saya pernah ke sana, namun sepertinya belum ada pilar-pilar sebagaimana di bagian tengah perpus itu, apa dulu saya kurang memperhatikan ya…. Tapi membaca postingan Cak Bas ini, sungguh menambah pengetahuan. Makasih ya, Cak.

  4. Insya Allah habis lebaran saya kesana cak,,..

  5. Itu foto di atas caption nya “bagian tengah perpus”. Emang perpus nya di ruang terbuka kang?

  6. Kebetulan saya belum pernah kesana mas….

  7. Ana pernah ke sini..!
    Waktu monitoring kualitas sensus ke blitar dulu…
    wah ngingetin kenangan di sana, hehe…

    ana sudah undang tuker link dulu sih, tapi tidak ditanggapi, hehe..
    sudah ana taro akh, tafaddol dicek..

  8. nice posting…
    smoga bisa berkunjung k blitar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: