Belajarlah Mengurus Sendiri

Mengurus surat-surat kendaraan memang tidak dilakukan setiap hari (kecuali yang menjadi jasa pengurusan), bahkan tidak setiap orang juga akan mengurus surat kendaraan bermotor. Karena tidak setiap orang memiliki kendaraan. Walaupun kita tidak mengurus atau tidak berhubungan setidaknya kita tahu bagaimana mekanisme yang ada di kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Disini tempat untuk membayak pajak tahunan, lima tahunan, dan balik nama.

Standarisasi

Standarisasi

Pelayanan yang di berikan oleh kantor Samsat ini cukup baik. Untuk kemarin waktu melakukan perpanjangan 1 tahun tertera tulisan 20menit untuk pelayanannya. Dan waktu yang diperlukan ternyata juga 20menit (itu nunggu antrinya) yang sebenarnya masih bisa lebih cepat. Alur yang ada cukup jelas walau banyak yang masih bingung. Pelayanan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, yang dulu harus antri berlama-lama sekarang bisa cukup menyingkat waktu.

Loket dan Drive Thru

Loket dan Drive Thru

Sudah lama program Drive Thru di luncurkan, tetapi masih banyak yang belum tahu tentang penggunaan layanan ini. Dapat terlihat antrian di dalam (loket) gedung (foto: atas) lebih panjang dari pada pelayanan Drive Thru (foto: bawah) yang cenderung sepi. Pelayanan di Drive Thru lebih cepat dari pada pelayanan di dalam gedung. Secara umum pada saat pembayaran pajak tahunan kita harus membawa STNK asli, BPKB asli, dan KTP asli yang sesuai dengan STNK dan BPKB (#jangan lupa bawa uang). Pembayaran menggunakan pelayanan Drive Thru ada 2 loket, 1 pendaftaran dengan menunjukkan syarat berupa STNK dll. Loket 2 untuk pembayaran. Daripada capek-capek ngantri, lebih baik lewat Drive Thru gak perlu turun dari kendaraan langsung ke depan loket aja.

Untuk pajak tahunan bisa membayar di mana saja untuk wilayah Jatim kecuali pajak 5 tahunan (keliatannya berlaku juga untuk wilayah lain). Jika jauh mungkin ada syarat tertentu untuk pajak 5 tahunan karena harus cek fisik. Sekarang ini diberlakukan pajak progresif yang berarti semakin banyak kendaraan dengan nama yang sama berarti ada pajak tambahan yang harus di bayar oleh wajib pajak (#jadi korban). Jadi jika kita menjual kendaraan segera meminta pembeli untuk melakukan balik nama agar kita tidak tebebani oleh pajak proggresif.Sekedar kita tahu beberapa peraturan jika kita melakukan balik nama, rubah warna atau bentuk, kehilangan STNK, kehilangan BPKB, dan BPKB terbakar habis. Yang biasa terjadi kan STNK hilang (hehehe). Setahu saya pengurusan surat hilang di kantor Polisi tidak memakan biaya.

Slogan dan Himbauan

Slogan dan Himbauan

Semoga simbol “EXCELENT SERVICE FOR YOU” benar-benar di jalankan. Belajarlah mengurus surat-surat kendaraan bermotor andasendiri. (lewat saya juga bisa…lho..lho, jadi calo mas..?? hehehe). Selamat mencoba dan berbagi pengalaman.

NB: cerita di SAMSAT Kab. Blitar-Jatim

About Cak Bas

Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya dapat dicapai dengan tarbiyah...

Posted on 5 Juli 2011, in Wisata and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. “Mas..Mas.. minta tolong urusin pajak motor saya ya.. sbntr lg jatuh tempo..”😀
    Cak Bas menjawab: “wani piro..?”😀

  2. Ayo dadi Calo ae bas…

  3. Permisi.. ijin tukar link ya.. link anda sdh terpasang di t4 saya.. makasi sblmnya..

  4. sudah pernah sy urus sendiri,, cm bayar pajak motor aja sih..🙂

  5. Ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri pabila kita bisa mengurus sesuatu oleh diri kita sendiri..

  6. kirain di samsat malang bas..bas.. soalnya bentuknya hampir sama dalam gedungnya tuh, cuma klo di malang pas aq ngurus balik nama dulu masih belum ada berapa menit antrinya tuh

  7. apa-apanya kalau dikerjain sendiri, punya rasa nilai lebih yg luar biasa,,, apapun hasilnya nanti….

  8. Saya sudah mengurus sendiri..waktu itu mengurus karena STNK hilang..ternyata prosesnya lama banget,…get get…. dan ruwet udah gitu jadinya juga Lama aaaaaaa banget satu bulan, Padahal ada Orang lain dg kasus yang sama lewat calo depan Ibu ibu yang gendut itu jadinya cuma 3 hari..Nah looooo…Ada apa ini,? kalau caranya beegini gimana Calo calo di luar sana bisa di brantas padahal pemicu calo sendiri adalah orang dalam lembaga itu sendiri,…Saya bener bener ngak tega banget dan rasanya pengen teriak Ada seorang ibu ibu Tua kehilangan STNK lewat calo depan Diperas kena 500rb waktu itu….Gila bener bener tu calo ngak punya hati….Tapi ya gimana lagi Masyarakat kita ini masih banyak yang kurang Informasi…dan lebih parahnya lagi ada celah celah untuk berbuat untuk Korupsi di lebaga itu sendiri.Kalau bikin Peraturan sich Benar…jelassss..sejelas jelasnya…tapi karena ada Oknum oknum..Orang dalam yang mau memperkaya diri sendiri….Makanya ya ngak nyalahin Calo juga, calo juga manusia butuh makan….entahlah mungkin dunia ini dah mau kiamat…saya baru menyadari ketika Tuhan menurunkan Azapnya di muka bumi ini…karena terlalu banyak orang orang yang serakah.

    • Sekarang hampir disetiap tempat disamsat ada tulisan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus surat. Apalagi perpanjangan stnk tidak ada 30 menit klo gak antri, lewat drive thruu lebih cepat.

  9. ulasan yang lumayan bagus tapi di malang untuk pengurusan stnk hilang aja kita harus mengurus minimal enam surat di kepolisian sebelum ke SAMSAT,ini aku dapat langsung dari kepolisian :
    *laporan kehilangan STNK (disertai fotocopy BPKB)
    *Berita acara dari Sat Reskrim
    *Surat Keterangan dari unit Tilang
    *Surat keterangan dari unit Laka Lantas
    *Rekomendasi dari KasatLantas
    *Pemberitahuan Melalui Media Cetak / Surat Kabar (disertai kliping iklan tersebut)
    *melampirkan BPKB asli / Surat dari leasing
    *Melampirkan Ktp Asli nama di STNK
    *cek fisik Ranmor (nomer rangka dan mesin)
    *Leges/salinan pajak
    *formulir STNK hilang
    coba bayangkan untuk pengurusan yang serba ribet seperti ini sepertinya memang menjadi celah buat para calo tidak sengaja atau memang “di SENGAJA” wallahu a’lam bissawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: