Boleh Memilih

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (Al Baqarah: 216)

Di dunia ini semua berpasang-pasangan. Ada laki-laki ada perempuan. Ada kiri dan kanan. Ada baik dan buruk. Maka di ayat diatas adalah mengenai suka dan tidak.

Masalah suka dan tidak memang selera dari setiap individu. Satu orang dengan yang lain juga tidak sama. Tapi ayat di atas ialah suka dan tidak dalam Islam.

Biasanya hal yang tidak disukai dari manusia ialah yang tidak mengenakkan tapi sebenarnya bernilai didepan Allah. Misal shalat, banyak orang tidak suka. Buktinya masih banyak orang yang enggan sholat dari pada yang sholat. Masih banyak orang yang tidak suka untuk melakukan baca al-qur’an terbukti lebih banyak yang melihat koran. Atau puasa, ketika diwajibkan puasa maka masih ada saja alasan-alasan untuk tidak puasa. Berat rasanya untuk melakukan kebaikan padahal jelas semua itu baik dihadapan Allah.

Ada juga hal yang baik menurut manusia tapi sebenarnya tidak baik. Misal merokok, jelas merokok itu merugikan diri dan orang lain. Tapi masih banyak orang yang bakar duit. Ada berbagai alasan, klo boikot rokok petani tembakau, karyawan rokok gimana? Alasan menurut saya. Ada juga masalah pacaran, ada juga alasannya. Buat penjajakan katanya, atau biar ada yang perhatikan. Apa gak ada teman yang sama-sama laki atau cewek yang bisa buat curhat.

Atau klo mau infaq ke masjid, ternyata. Klo pada saat ini bisa jadi perang tidak harus dengan senjata. Tapi dengan pikiran dan perbuatan untuk menghindari yang munkar dan menjalankan yang ma’ruf.

Semua itu adalah pilihan. Mau memilih yang mana? Semua itu suka dan tidak harus didasarkan pada syariat (aturan) Islam. Agar bisa sama parameternya. Mau berubah jadi lebih baik?

G18, 26 Januari 2012. 20:53

About Cak Bas

Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya dapat dicapai dengan tarbiyah...

Posted on 29 Januari 2012, in Tausiyah and tagged , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. semoga selalu bisa menentukan pilihan yang terbaik menurut Allah SWT

  2. Surga memang tidak bisa dicapai dengan mudah dan murah banyak yang harus dilakukan dengan berat dan mahal untuk mencapainya termasuk pilihan2 yang sudah disebutkan diatas, makasih tausyiahnya…salam kenal!!!

  3. Islam penuh dengan aturan…aturan yg secara kasar dilihat orang malah ribet…tp setelah didalami,,semua Aturan islaam sangat baik…proud to be a moslem…*Allah dulu Alah lgi Alah terus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.528 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: